• Jumat, 9 Desember 2022

Belajar Neuro Linguistic Programming, Menata Pikiran Untuk Siap Bangkit Menghadapi Masa Sulit

- Minggu, 11 September 2022 | 15:55 WIB
Peserta Neuro Linguistic Programming Belajar Fokus dalam Tujuan Hidup (Elizabeth Widowati)
Peserta Neuro Linguistic Programming Belajar Fokus dalam Tujuan Hidup (Elizabeth Widowati)

Hukamanews.com - Harga bahan bakar minyak sudah diputuskan naik oleh pemerintah. Efeknya mulai terasa dengan naiknya biaya transportasi. Terutama yang terbiasa mengandalkan bantuan transportasi online, entah untuk bermobilisasi maupun untuk pengantaran barang keperluan usaha.

Pusing, pertama kali yang dirasakan. Selanjutnya marah – marah. Mengeluh kepada pemerintah, ya itu pun kalau didengarkan.

Daripada mengeluh, emosi, dan efeknya justru usaha menjadi kian surut, lebih baik mulai dari sekarang, mulai belajar untuk mengelola dan menata pikiran.

Inilah yang terlihat jelas dalam diskusi menarik Ngobrol Ngemal Ngemil, bertajuk “Bangkit Menghadapi Situasi Sulit” yang berlangsung di café Basilia, Semarang, Sabtu (11/9/22)

“Ingatlah satu kejadian yang paling menyenangkan dalam hidupmu. Hadirkan suaranya, bahkan wujudkan gambarannya dalam pikiran kita. Jangan cuma sekali, lakukanlah ini dua kali, berulangkali. Hingga setelah itu yang anda dapatkan adalah motivasi semangat yang luar biasa didalam tubuh,” kata Nurtika Ulfah, seorang psikologis klinis asal Yogyakarta.

Peserta yang hadir didalam obrolan kali ini sangat bervariasi. Baik dari kalangan ibu rumah tangga, wirausaha, mahasiswa, bahkan masyarakat berkebutuhan khusus atau difable. Ketika diajak untuk menggali memori bahagia itu pun, ada yang tersenyum dan bahkan ada yang menangis.

Baca Juga: Mendikbudristek Nadiem: Tak Ada Lagi Tes Mata Pelajaran untuk Seleksi Masuk PTN

“Saya punya cita – cita dan bersemangat sekali untuk bisa membuat tulisan dan menuangkannya dalam bentuk buku. Akan tetapi saya memiliki banyak keterbatasan. Belum tahu apa yang akan saya tulis dan bagaimana memulainya.” ujar Fajar, salah satu difabel sensori netra

Menjawab pertanyaan tersebut, Nurtika Ulfah meminta semua peserta untuk menentukan tujuan hidup, bahkan menulisnya. Menulisnya pun harus secara detil khusus, agar tujuan yang hendak kita capai tersebut, menjadi tampak nyata.

Halaman:

Editor: Elizabeth Widowati

Tags

Terkini

Ingin Detoks Tubuh, Gunakan Daun Seledri dan Basil

Selasa, 22 November 2022 | 14:46 WIB

Kota Semarang Punya Kebun Anggur Impor

Selasa, 18 Oktober 2022 | 13:27 WIB

Mengenal Disabilitas Intelektual pada Anak

Selasa, 12 Juli 2022 | 07:27 WIB

Hobi Baik untuk Kesehatan Mental

Minggu, 10 Juli 2022 | 12:13 WIB

Menikmati Camping Ground di Bunder Lab Bogor

Sabtu, 9 Juli 2022 | 07:54 WIB
X