• Jumat, 9 Desember 2022

Memiliki Daya Jual Tinggi, Berbagai Kreasi Makanan Dari Bunga Telang Mulai Bermunculan

- Senin, 17 Oktober 2022 | 12:41 WIB
Minuman Berbahan Bunga Telang Biru Kaya Antioksidan (Elizabeth Widowati)
Minuman Berbahan Bunga Telang Biru Kaya Antioksidan (Elizabeth Widowati)

Hukamanews.com – Blue pea tea yang lebih dikenal dalam bahasa Indonesia yaitu bunga telang biru, memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Warnanya yang biru sendiri sudah pasti memiliki kandungan antioksidan cukup tinggi. Ingin mengenalkan bunga telang ini secara lebih luas, Yusuf Pradana , terus melakukan inovasi secara kreatif memanfaatkan bunga ini ke dalam berbagai olahan pangan.

“Tidak hanya mengolah ke dalam bentuk minuman, seperti yang sudah dikenal secara umum oleh masyarakat. Kreasi yang terus kami kembangkan adalah memasukkan bunga telang ini ke dalam sajian pudding buah. Bunga telang ini , satu per satu , kami tata di tepi pudding buah apel dan jeruk. Warna birunya, jelas menambah ketertarikan, dan bunga telang ini pun bisa dimakan.” cerita Yusuf Pradana, selaku pemilik usaha jasa catering, Legenda Catering , asal Kendal.

Yusuf memilih bunga telang karena sangat paham bunga ini merupakan khas Indonesia yang perlu dilestarikan. Saat ini masyarakat belum banyak yang memahami khasiat , sehingga belum banyak yang mau menanamnya pula di halaman rumah. Padahal dengan warnanya yang unik, terutama ketika terkena ekstrasi vitamin C dari lemon, telang mampu menghasilkan warna ungu. Dan ini memiliki nilai jual yang tinggi.

Baca Juga: Gerakan Membaca Buku Di Kota Semarang, Setiap Anak Butuh Buku Yang Menarik Judul dan Isinya

“Untuk event dalam satu minggu terutama kalau pas musim pernikahan atau wedding, kami sangat butuh pasokan bunga telang kering cukup banyak , hampir satu kilogram lebih. Untuk memenuhinya , kami melakukan pembinaan kepada petani lokal setempat, agar mau melakukan penanaman bunga telang. Selanjutnya ketika panen, kami siap menerima hasilnya dengan harga yang sudah disepakati sebelumnya.” kata Yusuf, saat ditemui di Semarang , Senin (17/10/22 ) 

Bukti tingginya nilai jual dari produk olahan bunga telang ini juga dirasakan oleh Debora Gita, sebagai pemilik kedai Takeone di kawasan Sampoo Kong Semarang.

“Kami mengolahnya sehari – hari dalam bentuk minuman dipadukan dengan chiaseed dan jeruk nipis. Cukup dengan seharga Rp 17.000 , pelanggan sudah bisa menikmatinya segar dan dinginnya minuman telang ini.” tutupnya

 

Baca Juga: Inilah Calista, Umur 18 Tahun Sudah Lulus Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya

Halaman:

Editor: Elizabeth Widowati

Tags

Terkini

Jawa Tengah Sudah Memiliki 21 Mal Pelayanan Publik

Senin, 5 Desember 2022 | 15:49 WIB
X