• Jumat, 9 Desember 2022

Kota Semarang Punya Kebun Anggur Impor

- Selasa, 18 Oktober 2022 | 13:27 WIB
Budidaya Tanaman Anggur di Pekarangan (Elizabeth Widowati)
Budidaya Tanaman Anggur di Pekarangan (Elizabeth Widowati)
 
 
Hukamanews. com - Menanam anggur tidak selalu di tempat dataran tinggi. Warga Kelurahan Krobokan Semarang memanfaatkan hutan kota dataran rendah sebagai tempat budi daya anggur impor. Selain untuk penghijauan, lokasi tersebut akan dijadikan objek agrowisata petik buah yang bisa meningkatkan ekonomi warga sekitar. 
 
Hutan kota seluas 1,6 hektare berada di RW 7 Kelurahan Krobokan, Kota Semarang. Sejumlah ibu-ibu PKK warga setempat antusias mengikuti pelatihan budi daya anggur yang diadakan oleh lembaga penelitian dan pengabdian masyarakat UPGRIS. Di hutan kota dataran rendah ini akan dijadikan objek agrowisata petik buah dengan menanam puluhan pohon anggur lokal yang digrafting menjadi anggur impor dari varietas ninel asal Ukraina dan kalai krakas dari India. 
 
“Guna mewujudkan tekad ini, sejumlah ibu-ibu dilatih menanam sekaligus cara perawatan pohon anggur,” kata Muhammad Yunis, salah satu pendamping kegiatan 
 
“Beberapa perlakuan khusus diberikan, mengingat pohon anggur yang umumnya tumbuh subur di dataran tinggi, kini ditanam di dataran rendah dan suhu cukup panas,” katanya. Kegiatan pemberdayaan masyarakat ini disambut gembira oleh warga. “Warga berharap ke depan hutan kota yang ditanami anggur ini dapat meningkatkan ekonomi warga,” kata Yudi Hartoto, Ketua RW 7 Krobokan.
 
 
Melihat hasil panenan anggur jelas sangat menggiurkan siapa saja. Namun untuk menghasilkan buah, tanaman anggur butuh tips dan trik tersendiri dalam perawatannya. Berikut trik perawatan tanaman anggur.
  1. Teknik penyiraman, tanaman anggur butuh paling tidak penyiraman tiga kali setipa minggunya. Jika musim hujan tiba , tanaman anggur tidak perlu disiram karena justru akan merusak tanaman.
  2. Pupuk yang tepat, tanaman anggur tidak membutuhkan dosis pupuk secara berlebihan. Cukup diberikan pupuk 1-2 sendok makan saja. Jenis pupuk yang dibutujkan adalah yang menganduk unsur N, P, dan K, untuk menunjang kesuburan dan kegemburan tanah.
  3. Sinar matahari yang cukup akan mendukung tanaman anggur maksimal tumbuh dan berbuah. Pastikan tamanan ini mendapatkan sinar matahari minimal 6 jam dalam sehari.
  4. Lakukan pemangkasan secara rutin setiap dua bulan sekali

Lakukan secara maksimal, buah anggur siap dipetik!

Baca Juga: Komunitas Pasar Sehat Semarang Gotong Royong Bantu Cegah Stunting di Kota Semarang

 

Editor: Elizabeth Widowati

Tags

Terkini

Ingin Detoks Tubuh, Gunakan Daun Seledri dan Basil

Selasa, 22 November 2022 | 14:46 WIB

Kota Semarang Punya Kebun Anggur Impor

Selasa, 18 Oktober 2022 | 13:27 WIB

Mengenal Disabilitas Intelektual pada Anak

Selasa, 12 Juli 2022 | 07:27 WIB

Hobi Baik untuk Kesehatan Mental

Minggu, 10 Juli 2022 | 12:13 WIB

Menikmati Camping Ground di Bunder Lab Bogor

Sabtu, 9 Juli 2022 | 07:54 WIB
X