• Selasa, 31 Januari 2023

Mengenali Ciri-Ciri Nyamuk Penyebab Demam Berdarah

- Rabu, 20 Juli 2022 | 16:31 WIB
Ciri-ciri nyamuk Aedes aegypti, nyamuk penyebab demam berdarah, mudah dikenali
Ciri-ciri nyamuk Aedes aegypti, nyamuk penyebab demam berdarah, mudah dikenali

Hukamanews.com – Kasus demam berdarah sedang di beberapa kota di Indonesia. Antisipasi dini perlu dilakukan agar korban tidak kian bertambah. Salah satunya dengan mengenali ciri-ciri nyamuk Aedes Aegeypti.

Diketahui, nyamuk Aedes Aegypti adalah pembawa virus dengue yang menyebabkan demam berdarah. Ciri-ciri nyamuk ini cukup khas, sehingga bisa dibedakan dari bentuk tubuh dan corak warnanya.

Dengan mengetahui ciri-ciri nyamuk Aedes Aegypti, Anda bisa lebih waspada jika menemukan banyak nyamuk jenis ini berterbangan di lingkungan sekitar rumah Anda.

Uniknya, hanya nyamuk Aedes aegypti betina yang menyebarkan virus tersebut, sedangkan nyamuk jantan tidak. Selain virus dengue, nyamuk Aedes Aegypti juga dapat membawa virus zika, chikungunya, dan demam kuning.

Ciri khas nyamuk Aedes aegypti bisa dilihat dari ukuran dan warna tubuh nyamuk.

Baca Juga: Waspada, Demam Berdarah sedang Mewabah di Kota Semarang

Nyamuk Aedes Aegypti mudah dikenali melalui warna dan bentuknya. Ciri khas nyamuk ini adalah ukurannya yang kecil dan memiliki tubuh berwarna hitam dengan belang putih di sekujur tubuhnya.

Nyamuk ini dapat terbang sejauh 400 meter, sehingga penyebaran virus dengue dapat terjadi hingga jarak yang jauh dari tempat nyamuk bersarang.

Nyamuk Aedes Aegypti memilih bersarang dan bertelur di tempat yang lembap, seperti genangan air yang jernih. Di dalam rumah, nyamuk ini banyak ditemukan berkembang biak di tempat penampungan air, misalnya bak mandi, vas bunga, talang air, atau tempat minum hewan peliharaan.

Halaman:

Editor: Sukowati Utami

Tags

Terkini

Lepas PPKM, Tetap Jaga Kualitas Udara di Lingkunganmu

Senin, 30 Januari 2023 | 14:29 WIB

Berbagai Jenis Bahan Baju Koko yang Harus Kamu Tahu

Senin, 26 Desember 2022 | 17:02 WIB

Ingin Detoks Tubuh, Gunakan Daun Seledri dan Basil

Selasa, 22 November 2022 | 14:46 WIB

Kota Semarang Punya Kebun Anggur Impor

Selasa, 18 Oktober 2022 | 13:27 WIB
X