• Jumat, 9 Desember 2022

96 Orang Ikuti Seleksi Wawancara Sebagai Calon Panwaslu Kecamatan Se Kota Semarang

- Jumat, 21 Oktober 2022 | 13:55 WIB
96 Orang Ikuti Seleksi Panwaslu Tingkat Kecamatan Se Kota Semarang (Elizabeth Widowati)
96 Orang Ikuti Seleksi Panwaslu Tingkat Kecamatan Se Kota Semarang (Elizabeth Widowati)
 
Hukamanews.com - Persiapan menyambut perhelatan Pemilu 2024, sudah dilakukan. Sebanyak 96 Peserta Calon Panwaslu Kecamatan memasuki tahapan tes wawancara. Peserta tersebut merupakan peserta yang lolos seleksi tes tertulis yang dilaksanakan pada tanggal 15 s.d 16 Oktober 2022.
Sebanyak 96 peserta yang dinyatakan lolos tes tertulis mengikuti tahapan selanjutnya, yakni tes wawancara yang berlangsung selama empat hari pada 19 Oktober 2022 s.d 22 Oktober 2022. Nantinya pelaksanaan tes wawancara akan terbagi menjadi dua sesi, yakni sesi pertama dimulai pukul 09.00 WIB – pukul 12.00 WIB, sedangkan sesi kedua dimulai pukul 13.00 WIB sampai dengan selesai.
 
Menggunakan satu ruangan khusus yang digunakan untuk tes wawancara, para peserta yang telah mengisi daftar akan dipanggil satu per satu untuk diwawancarai oleh tiga Komisioner Bawaslu Kota Semarang. Salah satu peserta mengungkapkan, pertanyaan yang diajukan oleh para Komisioner Bawaslu Kota Semarang berbobot, berkaitan dengan tugas dan tanggung jawab Panwascam supaya memiliki integritas.
 
“Proses wawancaranya bagus, pertanyaannya berbobot, berkaitan dengan tugas dan tanggung jawab di lapangan, karena Pemilu 2024 diserentakkan jadi agak berat, dibutuhkan karakter berintegritas dari panwascam yang sangat tinggi,” ujar Noor Rofik, salah satu peserta wawancara dari kecamatan Tugu.
 
Rofik menjelaskan seleksi Panwascam dilakukan sesuai dengan mekanisme yang diatur dalam Keputusan Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum Nomor 354/HK.01/K1/10/2022 tentang Perubahan Keputusan Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum Nomor 314/HK.01.00/K1/09/2022 tentang Pedoman Pelaksanaan Pembentukan Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan dalam Pemilu Serentak 2024.
“Bahwa Bawaslu Kabupaten/Kota melaksanakan proses seleksi sesuai ketentuan dan aturan yang ada. Karena Bawaslu lembaga struktural maka aturan dan ketentuan dibuat oleh Bawaslu RI, termasuk pada saat tes tertulis peserta bisa mengetahui hasil nilai secara langsung setelah selesai mengerjakan” tegasnya, Kamis (20/10/2022).
 
Rofik menambahkan peserta tes wawancara ini merupakan hasil peringkat nilai tertinggi diambil 6 (enam) besar dari tes tertulis yang berlangsung pada pekan lalu selain itu berbagai informasi juga tersampaikan bagian dari keterbukaan terkait tes melalui website atau sosial media Bawaslu Kota Semarang.
 
Lebih lanjut, masyarakat dapat menyampaikan tanggapan maupun masukan terkait proses rekrutmen calon anggota Panwascam dengan mengisi form https://bit.ly/tanggapanmasyarakat-2024 atau datang langsung ke Bawaslu Kota Semarang.
 
 
 

Editor: Elizabeth Widowati

Tags

Terkini

Jawa Tengah Sudah Memiliki 21 Mal Pelayanan Publik

Senin, 5 Desember 2022 | 15:49 WIB
X