• Jumat, 9 Desember 2022

Antisipasi Longsor dan Banjir, Seluruh Petugas PT KAI Daop IV Semarang Mulai Bersiaga

- Rabu, 19 Oktober 2022 | 18:03 WIB
Petugas PTKAI Daop IV Semarang Melakukan Penyisiran Jalur Rel Kereta Rawan Longsor Banjir (Elizabeth Widowati)
Petugas PTKAI Daop IV Semarang Melakukan Penyisiran Jalur Rel Kereta Rawan Longsor Banjir (Elizabeth Widowati)

Hukamanews.com – PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi IV Semarang mencatat ada sekitar 36 titik rawan dengan rincian 6 titik rawan banjir , 7 titik rawan longsor , 13 titik rawan amblas, dan 10 titik rawan lainnya. Untuk itu, mengantisipasi datangnya musim penghujan Kepala Daop IV Semarang KAI, Wisnu Pramudyo mengaku secara intensif melakukan upaya dalam meminimalisir potensi bahaya yang dapat terjadi dan menganggu perjalanan kereta api. Langkah tersebut diantaranya dengan melakukan pemantauan dan penjagaan oleh petugas.

“Petugas tersebut secara bergantian bersiaga selama 24 jam untuk terus memantau daerah rawan bencana. Petugas pun dapat langsung melakukan tindakan jika terjadi masalah pada jalur rawan tersebut.” Kata Wisnu Pramudyo, Rabu ( 18/10/22 )

Baca Juga: Pulau Jawa Mayoritas Akan Mengalami Curah Hujan Tahunan Tinggi di Tahun 2023

Langkah lain yang sudah dilakukan adalah dengan menormalisasi saluran air di kanan kiri jalur KA dari tumpukan sampah, sterilisasi jalur KA dari pepohonan yang mengganggu jarak pandang masinis, sera perkuatan pondasi jalur rel dengan penambahan balas serta pembuatan trucuk dari rel dan penahan dengan menggunakan karung diisi tanah pada daerah rawan longsor maupun banjir.

Untuk itu pula KAI Daop IV Semarang menyiagakan alat material untuk siaga di 22 titik di berbagai stasiun yang berdekatan dengan daerah rawan wilayah Daop IV Semarang.

“Alat tersebut berupa pasir dalam kantong karung, bantalan rel, perancah dari besi untuk penahan pondasi jalur. Sejumlah peralatan ringan hingga alat berat seperti Multi Tie Taper juga sudah disiagakan agar jalur rel tetap laik dilintasi kereta api.” tutup Wisnu

Baca Juga: Butuh Sarana Healing, Datanglah ke Pantai Tirang Semarang

Editor: Elizabeth Widowati

Tags

Terkini

Jawa Tengah Sudah Memiliki 21 Mal Pelayanan Publik

Senin, 5 Desember 2022 | 15:49 WIB
X