• Jumat, 9 Desember 2022

Butuh Sarana Healing, Datanglah ke Pantai Tirang Semarang

- Rabu, 19 Oktober 2022 | 12:18 WIB
Komunitas Green Solidarity Semarang melakukan aksi penanaman pohon di kawasan Pantai Tirang Semarang (Elizabeth Widowati)
Komunitas Green Solidarity Semarang melakukan aksi penanaman pohon di kawasan Pantai Tirang Semarang (Elizabeth Widowati)

Hukamanews.com – Pantai Tirang merupakan salah satu pantai di semarang, yang berlokasi di Desa Tambakrejo , Tugurejo, Tugu , Kota Semarang. Pantai Tirang bersebelahan dengan Pantai Maron yang hanya dibatasi oleh muara Sungai Silandak. Pantai Tirang memiliki pulau kecil yang disebut Pulau Tirang, sempat menjadi ikon kota Semarang karena keindahan serta fauna dan flora didalamnya.

“Kami berempat sekeluarga dengan dua anak – anak, sangat senang mengunjungi Pantai Tirang. Kondisi pantai jauh lebih baik dibandingkan Pantai Marina. Dan keberadaan pantai ini sangat bermanfaat bagi anak – anak untuk berjemur dan melakukan aktivitas “grounding” bersentuhan dengan alam.” kata Layli, warga Sampangan , Semarang, Selasa (17/10/22 )

Cataleya, salah satu buah hatinya sangat senang ketika diajak untuk bermain di pantai. Terutama karena grounding sendiri membawa manfaat yang cukup baik untuk mood dan meredakan rasa sakit. Grounding adalah teknik terapi dengan melakukan ativitas langsung terhubung ke bumi. Sederhananya adalah gelombang elektrik dari bumi seperti halnya antioksidan akan membantu menambah imun kekebalan tubuh. Pola tidur menjadi lebih baik dan meredakan kecemasan berlebihan.

“Dalam satu bulan , kami selalu menyempatkan diri bermain di pantai kurang lebih 2 hingga 4 kali. Tentunya tergantung tingkat kesibukan kami sekeluarga.” tambah Layli, yang juga pemilik produk makanan berbahan glutten free

Baca Juga: Kota Semarang Punya Kebun Anggur Impor

Dan untuk mempercantik keindahan Pulau Tirang, puluhan aktivis Green Solidarity Indonesia, pun akan melakukan penambahan vegetasi tanaman di kawasan sekitar pantai, dalam waktu dekat.

“Akhir bulan ini kami akan melakukan penambahan penanaman pohon diantaranya pohon kelapa, beringin, karet kebo, akasia, dan asam jawa.” Jelas Theresia Tarigan, salah satu penggerak komunitas GreenSol  di Semarang

Kegiatan ini dilakukan agar kondisi Pantai Tirang kedepan jauh lebih bersih dan jauh dari kesan kumuh. Seperti yang terlihat saat ini banyak sampah terutama kemasan makanan dan minuman bertebaran. Ada pula sampah kaos, sandal hingga korek api. Jika benda – benda ini masuk ke perut ikan , jelas mengganggu ekosistem dan kesehatan lingkungan.

Baca Juga: Aparatur Sipil Negara Provinsi Jawa Tengah Sumbang Zakat Mencapai 57 Milyar Rupiah Di Tahun 2022

Editor: Elizabeth Widowati

Tags

Terkini

X