• Jumat, 9 Desember 2022

Marak gagal ginjal akut, batasi konsumsi soft drink pada anak

- Senin, 24 Oktober 2022 | 20:09 WIB
Minuman bersoda menjadi pantangan penderita gagal ginjal akut
Minuman bersoda menjadi pantangan penderita gagal ginjal akut

HUKAMANEWS – Minuman bersoda, menjadi salah satu pantangan bagi kesehatan ginjal. Kebiasaan terlalu sering mengonsumsi minuman bersoda dapat menyebabkan gangguan ginjal, terlebih pada anak-anak.

Ginjal manusia umumnya hanya sebesar kepalan tangan. Namun ginjal memiliki tugas yang cukup berat dalam menyaring darah. Itulah mengapa sangat penting, untuk menjaga apa yang dikonsumsi oleh tubuh.

Dalam sebuah dikusi daring, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengingatkan para orang tua agar membatasi konsumsi minuman soda kemasan atau soft drink anak untuk menjaga kesehatan ginjal anak.

Baca Juga: Belajar Bahasa: Dipungkiri atau Dimungkiri?

Sekretaris Unit Kerja Koordinasi (UKK) Nefrologi IDAI Eka Laksmi Hidayati Eka Laksmi Hidayati mengatakan konsumsi soft drink lebih dari 250-300 ml per hari berbahaya bagi kesehatan ginjal.

Tak hanya berbahaya bagi ginjal, Eka mengatakan konsumsi soft drink berlebihan juga dapat memicu obesitas. Kegemukan tak hanya berpengaruh kepada berat badan dan diabetes, tetapi juga kesehatan ginjal.

"Kalau yang ideal adalah air putih, susu, dan jus. Buah kan boleh dibut jus untuk minuman anak," ujar Eka yang mendorong orang tua memberikan lebih banyak air putih untuk anak.

Baca Juga: PMK pada Sapi Bisa Disembuhkan dengan Obat Herbal

Diberitakan, gangguan ginjal akut pada anak menjadi perhatian publik. Menurut catatan pemerintah, hingga Oktober 2022, ada 241 pasien gagal ginjal akut yang tersebar di 22 provinsi. Sebanyak 133 pasien di antaranya meninggal dunia.

Halaman:

Editor: Keikei Utari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ingin Detoks Tubuh, Gunakan Daun Seledri dan Basil

Selasa, 22 November 2022 | 14:46 WIB

Kota Semarang Punya Kebun Anggur Impor

Selasa, 18 Oktober 2022 | 13:27 WIB

Mengenal Disabilitas Intelektual pada Anak

Selasa, 12 Juli 2022 | 07:27 WIB

Hobi Baik untuk Kesehatan Mental

Minggu, 10 Juli 2022 | 12:13 WIB

Menikmati Camping Ground di Bunder Lab Bogor

Sabtu, 9 Juli 2022 | 07:54 WIB
X