• Jumat, 9 Desember 2022

Enam Ramuan Tradisional Penurun Kolesterol

- Sabtu, 7 Mei 2022 | 09:53 WIB
Jamu Temulawak
Jamu Temulawak

HukamaNews –Lebaran identik dengan hidangan lezat opor, rendang, gulai, dan sejenisnya. Mengonsumsi dalam jumlah cukup, tentu tak jadi masalah. Yang bahaya adalah makan makanan berlemak dan bersantan dalam porsi berlebihan sehingga berisiko meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Kolesterol tinggi menjadi penyebab utama timbulnya berbagai macam penyakit pembunuh yang berbahaya seperti penyakit jantung, hipertensi, stroke dan sebagainya. Konsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi dan kurang olahraga adalah masalah yang sering terjadi. 

Selain selain pengobatan modern dan mengatur pola makan seimbang, ternyata ada cara sederhana yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Yaitu dengan mengkonsumsi ramuan trasidional dan jamu khas Indonesia. 

Apa saja? Berikut ramuan tradisional dan jamu khas Indonesia yang dipercaya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah: 

  1. Temulawak

Temulawak adalah tumbuhan jamu khas Indonesia, khususnya Pulau Jawa, kemudian menyebar ke beberapa tempat. Bagian yang dimanfaatkan sebagai jamu adalah bagian rimpangnya. Rimpang Temulawak mengandung 1,6-2,2 persen kurkumin yang dipercaya dapat meningkatkan kerja ginjal, obat jerawat, meningkatkan nafsu makan, antiinflamasi, anemia, antioksidan, pencegah kanker, dan antimikroba.

Temulawak juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan diyakini dapat menurunkan lemak darah yang memiliki efek baik bagi jantung. 

  1. Pahitan

Pahitan adalah jamu yang paling pahit. Jamu ini terbuat dari daun sambiloto yang terkadang ditambah dengan brotowali. Di balik rasanya yang pahit, pahitan memiliki manfaat seperti penambah nafsu makan, mengatasi pegal-pegal, bahkan bisa mencegah risiko diabetes. 

Selain itu, Jamu pahitan juga dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol karena daun sambilotonya. Hal ini dikarenakan Daun sambiloto mengandung laktone, flavonoid, aldehid, mineral (kalium dan natrium) juga asam kersik. 

Jamu Pahitan

Halaman:

Editor: Sukowati Utami

Tags

Terkini

Ingin Detoks Tubuh, Gunakan Daun Seledri dan Basil

Selasa, 22 November 2022 | 14:46 WIB

Kota Semarang Punya Kebun Anggur Impor

Selasa, 18 Oktober 2022 | 13:27 WIB

Mengenal Disabilitas Intelektual pada Anak

Selasa, 12 Juli 2022 | 07:27 WIB

Hobi Baik untuk Kesehatan Mental

Minggu, 10 Juli 2022 | 12:13 WIB

Menikmati Camping Ground di Bunder Lab Bogor

Sabtu, 9 Juli 2022 | 07:54 WIB
X