• Selasa, 31 Januari 2023

Warga Semarang Berebut Kursi Pelatihan Membuat Minuman Kombucha Sendiri

- Kamis, 1 Desember 2022 | 14:40 WIB
Kombucha Minuman Fermentasi (Elizabeth Widowati)
Kombucha Minuman Fermentasi (Elizabeth Widowati)

 

Hukamanews.com – Sadar pentingnya peran bakteri baik yang terkandung dalam produk kombucha, masyarakat Kota Semarang mulai berebut kursi untuk mendapat kuota Organic Kombucha Workshop yang diadakan pada tanggal 4 Desember 2022 mendatang di Lubov Kofetown, kawasan Kota Lama, Semarang

“Sudah ada 12 peserta yang mendaftar dalam kelas yang kami selenggarakan. Padahal ini sudah untuk kali kedua , kami memberikan tambahan kursi bagi peserta yang belum kebagian. Empat diantaranya berasal dari luar kota Semarang.” ujar Sari Astuti, selaku praktisi dalam acara Organick Kombucha Workshop, Semarang, Kamis ( 1/12/22)

Dalam acara tersebut nantinya peserta akan mendapatkan paket starter kit berupa scoby size dengan ukuran 16x 16 cm, yang nantinya akan mampu menjadi bahan produksi kombucha sebanyak 3 liter. Dengan bahan tersebut, pesera akan melihat secara langsung cara membuat kombucha tingkat dasar. Bagaimana kemudian scoby tersebut dirawat, apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

“Mengapa workshop membuat kombucha ini sedemikian penting. Karena jelas akan menjadi sarana paling mudah untuk menjaga kesehatan dari diri sendiri. Dan ini sangat membantu untuk mereka yang memiliki keluarga dengan kondisi tubuh tertentu yang sangat membutuhkan asupan probiotik setiap harinya.” tambah Sari

Baca Juga: Untuk Trauma Healing, Polda Metro Jaya Kirim 48 Polwan ke lokasi Gempa Cianjur

Kuncinya adalah merawat keberadaan para scoby hasil fermentasi. Dalam seminggu mereka berkembang menghasilkan lapisan baru yang sehat dan putih bersih. Kadang lapisan yang dihasilkan lebih tipis, karena sangat bergantung dengan suhu sekelilingnya. Berhasil tidaknya juga harus diicip satu per satu. Beberapa yang masih terasa seperti teh, masih harus melanjutkan masa fermentasi sebelum akhirnya dipanen.

“Dengan memahami proses pembuatan kombucha tingkat dasar, kami berharap tidak ada kebingungan lagi dalam menghasilkan minuman fermentasi yang menyehatkan ini.Tentu harapannya ”tutup Sari, yang juga seorang entrepreuner Kombucha dengan brand Psikombucha.

Kombucha mengalami proses fermentasi dengan menghasilkan asam glukuronat, asam laktat, vitamin, asam amino, bahkan antibiotik. Zat ini mempengaruhi tubuh secara menyeluruh dengan menstabilkan metabolisme tubuh dan menawarkan racun dengan asam glukuronat ini.

Baca Juga: Nasi Bakar Kecombrang Menjadi Menu Sehat Kaya Antioksidan di Musim Penghujan

Halaman:

Editor: Elizabeth Widowati

Tags

Terkini

29 Desa Antikorupsi Ada Di Jawa Tengah

Minggu, 18 Desember 2022 | 15:01 WIB

Lurik Ganjar Berhasil Merambah ke Pasar Malaysia

Kamis, 15 Desember 2022 | 15:04 WIB
X