• Selasa, 31 Januari 2023

Nasi Bakar Kecombrang Menjadi Menu Sehat Kaya Antioksidan di Musim Penghujan

- Rabu, 30 November 2022 | 14:56 WIB
Bunga Kecombrang Kaya Antioksidan  (Elizabeth Widowati)
Bunga Kecombrang Kaya Antioksidan (Elizabeth Widowati)

Hukamanews.com – Musim hujan telah tiba di penghunjung bulan November ini. Tak sedikit cuaca yang berubah menjadi dingin, menjadikan kondisi kesehatan tubuh menjadi menurun. Terlebih tidak banyak aktivitas gerak tubuh yang dilakukan.  Konsumsi makanan hangat menjadi pilihan terbaik saat musim hujan tiba.  Alasan inilah yang membuat Triyudi, warga Pedurungan Semarang Timur, memilih membuat sajian nasi bakar kecombrang.

Kelopak bunga kecombrang pertama – tama dikupas terlebih dahulu , bagian luarnya di buang. Ambil saja bagian bunganya yang berwarna putih. Sebelum diolah, ibu beranak satu ini membuat olahan sambal menggunakan bumbu bawang merah, bawang putih, cabeh merah, cabe rawit setan, ditambah dengan sedikit bumbu trasi, dan suwiran ayam.

“Begitu selesai menumis sambal dan suwiran ayam, campurkan saja potongan bunga kecombrang menjadi satu didalamnya. Selesai, deh. Untuk tambahan, nasi bakar kecombrang, bisa disantap bersama tahu dan tempe.” tambah Tri, usai membuat puluhan porsi nasi bakar kecombrang yang siap dijual di rumahnya , Rabu (30/11/22 )

Baca Juga: Ulama Harus Didepan Perangi Bahaya Narkoba di Jawa Tengah

Jangan salah, mengonsumi bunga kecombrang ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Diantaranya adalah mencegah kerusakan sel tubuh. Dilihat dari warnanya saja, kecombrang jelas memiliki senyawa antioksidan yang sangat tinggi. Bukan hanya bunganya, mulai dari batang, rimpang, hingga daun tanaman ini, memiliki kandungan antioksidan.

Tanaman kecombrang , terutama dengan memanfaatkan ekstrak batang tanaman, juga memberikan manfaat antibakteri didalam tubuh. Tak perlu khawatir akan aromanya. Justru aroma tanaman kecombrang mampu memberikan aroma segar di setiap olahan makanan. Entah itu seafood atau sambal, akan terasa sangat wangi , menambah selera makan.

Baca Juga: Kemenkes Laporkan Lima Warga Korban Terdampak Gempa Alami Gangguan Jiwa

Editor: Elizabeth Widowati

Tags

Terkini

X