• Selasa, 31 Januari 2023

Buah Asam Maram Berhasil Diolah Menjadi Racikan Teh Kaya Antioksidan dan Vitamin

- Selasa, 29 November 2022 | 15:52 WIB
Hasil Olahan Buah Asam Maram  (Elizabeth Widowati)
Hasil Olahan Buah Asam Maram (Elizabeth Widowati)

 

Hukamanews.com – Hutan Indonesia begitu kaya dengan keanekaragaman hayati. Buah Asam Maram adalah salah satu buah endemik dari hutan Kalimantan. Bersama dengan Lingkar Temu Kabupaten Lestari dan Kalara Borneo, sepakat untuk mengangkat Buah Asam Maram menjadi salah satu minuman unggulan di Indonesia.   

"Berdasarkan sebuah jurnal ilmiah, Buah Maram sangat kaya akan vitamin C dan tinggi antioksidan. Buah Maram ini memiliki potensi luar biasa untuk diolah dan dikembangkan menjadi produk yang memiliki nilai tambah.” kata Yohana Tamara, selaku Founder & CEO Kalara Borneo, dalam diskusi bertajuk Buah Asam Maram, Wujud Anugerah Sehatnya Hutan Indonesia, Sabtu (26/11/22) di Jakarta.

Ditangan kedua Co Founder Anomali Coffee yaitu Irvan Helmi dan Muhammad Abgari, Buah Asam Maram mampu diolah sedemikian rupa hingga menghasilkan sebuah racikan yang bisa dinikmati banyak orang. Dengan memasang label Tea Maram, buah maram berpadu dengan soda leci sehingga memiliki cita rasa yang unik dan segar. 

“Kolaborasi ini adalah salah satu bentuk idealisme Anomali Coffee untuk memperkenalkan komoditas lokal lestari dengan cita rasa internasional sekaligus sebagai bentuk dukungan terhadap pelestarian hutan rawa gambut yang saat ini sedang menjadi program pemerintah,” ujar Irvan.

Efek dari racikan yang dihasilkan tea Maram, semakin banyak pengepul Buah Maram yang datang dan semakin percaya bahwa buah maram ini memiliki nilai yang berharga bagi ekonomi maupun kelestarian alam. Terlebih untuk mendapatkan komoditas buah ini kini sudah langsung terhubung dengan Gerai Kabupaten Lestari, sebuah pasar virtual yang menghubungkan konsumen dengan produk lokal lestari dari berbagai UMKM Kabupaten di Indonesia. Gerai ini menjadi penghubung untuk berbagai bentuk kolaborasi agar tercipta inovasi turunan yang bernilai tinggi.

Baca Juga: Kepala Otorita Ungkap Adanya Peningkatan Minat Investasi ke IKN

Sedangkan Griya Kabupaten Lestari adalah sebuah pasar virtual yang menghubungkan konsumen dengan produk lokal lestari dari berbagai UMKM kabupaten di Indonesia. GKL juga menjalankan peran untuk melakukan kurasi produk lokal lestari yang ada di Kabupaten, menyebarkan luaskan narasi produk lokal lestari hingga menjadi jembatan penghubung untuk berbagai bentuk kolaborasi yang bisa dilakukan untuk bisa menciptakan inovasi produk turunan bernilai tambah seperti yang dilakukan bersama Anomali Coffee saat ini.

Pohon Maram dapat berbuah sepanjang tahun dan dapat menghasilkan Buah Maram dengan warna yang berbeda-beda. Ada Buah Maram dengan warna kehitam-hitaman, warna merah muda, warna merah tua, dan warna kuning.

Sebelumnya, masyarakat hanya memanen buah maram seperlunya untuk dirujak atau menjadi cemilan di rumah. Selebihnya, Buah Maram dibiarkan membusuk di hutan karena masyarakat belum mengetahui cara pengolahan buah ini. Hal tersebut membuat banyaknya hasil hutan alami, salah satunya Buah Maram, terbuang sia-sia ketika musim panen tiba.

Halaman:

Editor: Elizabeth Widowati

Tags

Terkini

29 Desa Antikorupsi Ada Di Jawa Tengah

Minggu, 18 Desember 2022 | 15:01 WIB

Lurik Ganjar Berhasil Merambah ke Pasar Malaysia

Kamis, 15 Desember 2022 | 15:04 WIB
X