• Selasa, 31 Januari 2023

Menjelajah Desa Widosari, Nomine Desa Wisata Terbaik dalam ajang ADWI 2022

- Kamis, 7 Juli 2022 | 07:44 WIB
Puncak Bukit Widosari, Kulon Progo. (Egan Phedra)
Puncak Bukit Widosari, Kulon Progo. (Egan Phedra)

Hukamanews.com – Desa Widosari, Ngargosari, Kapanewon Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta tercatat ke dalam 50 desa wisata terbaik dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Berada di perbukitan Menoreh bagian utara, udara di kawasan Widosari cukup sejuk karena berada di ketinggian sekitar 900 Mdpl. Untuk menjangkau Widosari juga tak susah, ia hanya berjarak 36 km atau membutuhkan waktu berkendara sekitar 1 jam 15 menit dari pusat kota Yogyakarta.

Puncak Widosari merupakan titik tertinggi dari bukit bernama Bukit Widosari yang merupakan gugusan Pegunungan Menoreh.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Hari ini 7 Juli 2022

Bukit Widosari menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan dengan ikon batu besar di atas bukit dan merupakan objek wisata yang terkenal. Situs ini telah ditetapkan sebagai warisan geoheritage oleh pemerintah pusat pada 2021 dari 20 situs geologi (Geosite) yang ada di Jogja.

Di Desa Wisata Widosari, pelancong juga dapat menikmati kesejukan perkebunan teh seluas satu hektar yang berada di Padukuhan Tritis. Untuk menyusuri kebun teh telah disediakan jalan setapak di hamparan terasering yang tersusun rapi dengan tinggi yang sama di tiap lariknya. Pemandangan Pegunungan Menoreh yang indah inilah menjadi spot favorit pengunjung yang gemar ber-swafoto.

Kemudian, wisatawan dapat berkunjung ke Rajendra Farm atau Kampung Domba. Di sana, sebuah peternakan domba terpadu menyajikan kegiatan edukasi ternak, kuliner berbasis domba (kambing) dan menyediakan fasilitas lengkap bagi pecinta alam yang mau berkemah, atau pun outbound.

Baca Juga: Belajar Bahasa: penggunaan kata Bergeming yang tepat

Tidak kalah epik, wisatawan juga dapat menikmati sunrise di Puncak Proman. Itu merupakan objek wisata yang menampilkan pemandangan alam di kala matahari terbit dengan jajaran gunung-gunung besar seperti Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Merapi, dan Gunung Merbabu.

Halaman:

Editor: Sukowati Utami

Tags

Terkini

X