• Selasa, 31 Januari 2023

Sudah 155 Tahun, Perjalanan Kereta Api Masuk Ke Indonesia

- Kamis, 11 Agustus 2022 | 13:30 WIB
Napak Tilas Kereta Api Pertama Kali di Indonesia (Elizabeth Widowati)
Napak Tilas Kereta Api Pertama Kali di Indonesia (Elizabeth Widowati)

Hukamanews.com – Tak terasa sudah lebih dari 150 tahun , perjalanan kereta api di Indonesia, sejak pertama kali masuk pada tahun 1867. Dan untuk memperingati sejarah monumental ini, PT Kereta Api Daerah Operasi IV Semarang mengaku layak untuk menggelar napak tilas jalur rel tertua sepanjang 25 km, mulai dari Stasiun Semarang Tawang hingga Stasiun Tanggung Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.

Kepala PT KAI Daerah Operasi IV Semarang, Wisnu Pramudyo mengatakan bawah peringatan ini sebagai momen untuk mengingat jasa dan perkuangan para pahlawan yang telah membangun jalur rel kereta api di Indonesia.

Baca Juga: Mahfud MD Soroti Sikap DPR yang Diam Soal Pembunuhan Brigadir J

“Sebagai generasi penerus, harus bersyukur transportasi kereta api di Indonesia, mengalami kemajuan. Harapannya kedepan, angkutan kerta api dapat menjadi tulang punggung transportasi nasional.”kata Wisnu, Rabu ( 10/08/22)

Perjalanan napak tilas ini melewati empat stasiun tertua di Indonesia, mulai dari Stasiun Tawang, Stasiun Alastua, Stasiun Brumbung, dan terakhir Stasiun Tanggung. Jalur ini pertama kalinya dibuka pada tanggal 10 Agustus 1867 dan merupakan jalur kereta api pertama yang beriperasi di Indonesia. Sebanyak 180 peserta mengikuti kegiatan napak tilas ini, mulai dari komunitas pecinta kereta api, komunitas sejarah sesepuh desa Tanggungharjo Kabupaten Grobogan dan para jajaran internal KAI ikut serta didalamnya.

“Semarang dapat dikatakan sebagai kota kereta api penting,sebagai kota tempat kelahiran kereta api di Indonesia. Sampai saat ini lintas Semarang hingga Tanggung, tercatat ada 12 perjalanan kereta api yang melintas setiap harinya. 8 perjalanan KA penumpang dan 4 perjalanan KA barang.” tambah Wisnu

Baca Juga: Tradisi Wiwitan Dimulai, Petani Tembakau Kabupaten Temanggung Berharap Mendulang Rejeki

Kedepan PT KAI Daerah Operasi IV Semarang akan terus meningkatkan pelayanan untuk mendorong terjadinya tren peningkatan jumlah penumpang. Hingga tahun 2022 sampai bulan Juli, tercatat terjadi kenaikan jumlah penumpang, hingga total mencapai 2.179.835 penumpang.

Editor: Elizabeth Widowati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X