• Selasa, 31 Januari 2023

Set Box Digital Meroket, Warga Kota Semarang Siap Hidup Tanpa Televisi

- Senin, 5 Desember 2022 | 15:36 WIB
Ilustrasi Kemampuan TV Digital (Elizabeth Widowati)
Ilustrasi Kemampuan TV Digital (Elizabeth Widowati)

Hukamanews.com – Kebijakan pemerintah lewat Kementerian Komunikasi dan Informatika yang telah mengalihkan siaran TV analog ke digital, ditanggapi beragam oleh masyarakat di kota Semarang. Ditengah serbuan masyarakat mencari Set Top Box untuk agar dapat menonton televisi kembali, disisi lain , tidak sedikit yang sudah sejak lama menikmati dunia tanpa televisi.

Hal ini diceritakan oleh Anie Mumpuni, praktisi pendidikan di sebuah sekolah swasta dikota Semarang. Awalnya televisi yang ia miliki mengalami kerusakan. Karena tak sempat untuk memperbaikinya, televisi tersebut kini dibiarkan menganggur begitu saja.

“Terlebih anak – anak sudah beranjak dewasa. Sehingga mereka ditengah kesibukan belajar di sekolah, sudah tak sempat menonton televisi. Untuk mendapatkan informasi, mereka lebih suka mencari tontonan lewat smartphone secara digital. Baik melalui YouTube atau media sosial lainnya.” cerita Anie

Baca Juga: Segera Cari Pertolongan, Agar Tidak Menjadi Korban Kekerasan Dalam Pacaran

Sehingga begitu ada kebijakan pemerintah menyangkut penyiaran televisi digital, Anie sama sekali tidak terpengaruh. Kebutuhannya saat ini adalah justru komputer jinjing atau laptop kecil untuk bisa melihat informasi penting.

Sementara itu, sejumlah siswa siswi di sekolah tingkat dasar SD Bina Amal 02 Semarang Barat, banyak yang mengaku tidak bisa menonton , sejak layar televisi tidak lagi menampilkan tayangan program secara nasional.

“Bagaimana lagi ya, tidak ada tontonan televisi , jadi bingung. Tetapi kalau disuruh memilih antara membeli peralatan Set Top Box yang harganya cukup mahal. Aku lebih memilih uangnya bisa untuk membayar SPP. Kalau tidak bisa sekolah , nanti bagaimana.” kata Alma, salah satu siswa

Baca Juga: Kabupaten Sanggau Kalimantan Barat Berhasil Ciptakan Pembangunan Berbasis Lingkungan dan Rendah Karbon

Harga jual perlengkapan TV Digital atau yang dikenal dengan Set Top Box ini , sejak sepekan ini sudah sangat mahal. Dari semula seharga Rp. 175.000 kini dibandrol di pasaran dengan harga naik dua kali lipat mencapai Rp. 300.000 lebih.

“Aku barusan beli dengan harga Rp. 235.000. Sepertinya untuk pekan depan harganya sudah naik jadi Rp.260.000. Padahal sebelumnya hanya berkisar Rp.170.000,- hingga Rp. 200.000 saja. Mau bagaimana lagi , kan nggak dapat bantuan dari pemerintah” kata Triyudi , warga Pedurungan Semarang

Halaman:

Editor: Elizabeth Widowati

Tags

Terkini

Cara Mengembalikan Akun WhatsApp yang Dibajak

Minggu, 10 Juli 2022 | 12:00 WIB

Trik Jitu Mengemudi Hemat BBM

Rabu, 18 Mei 2022 | 14:40 WIB

Cara Mudah Mengatasi Tabung Gas Mendesis

Minggu, 1 Mei 2022 | 06:33 WIB
X